Menebar Kebaikan pada Sesama: Menjadi Pengusaha atau Mendukung Mereka

Dewasa ini sebenarnya bukan hal yang sulit lho untuk menjadi seorang pengusaha muda, sekaligus juga kamu bisa melakukan hal yang bermanfaat bagi lingkungan di sekitar kamu.

Jika kamu berhasil menjadi pengusaha muda, artinya kamu sudah bisa membuktikan kalau kamu secara personal telah mampu mandiri dalam hal profesionalisme dan finansial dan ini berarti kamu bisa berkontribusi memberikan pengaruh positif dan manfaat bagi orang lain, misalnya dengan membuka lapangan pekerjaan untuk mereka. Jika kamu berhasil, tentu orang-orang di sekeliling kamu akan ikut bangga.

Lalu bagaimana caranya untuk menjadi pengusaha muda yang ulung? Ada beberapa tips sederhana untuk menjadi pengusaha muda handal. Baca ulasannya di bawah ini!

Beberapa Hal Penting Yang Harus Kamu Sadari Sejak Awal

Langkah awal menentukan keberhasilan, sepakat ya kita? Yup, memang gak gampang menentukan prioritas di awal untuk meraih target yang ingin kita capai, namun hal tersebut sangat menentukan hasil akhirnya. Nah, tips berikut bisa kamu ikuti:

1. Kenali kemampuan terbaik kamu

Tidak ada orang lain, melainkan diri kamu sendiri yang lebih mengetahui mengenai kelebihan kamu. Entah itu kamu bisa bernyanyi, public speaking, ahli matematika, investor ulung, jago berbahasa asing, ataupun ahli dengan angka. Ayo saat ini kamu harus sudah bisa mulai mengenali apa keahlian yang kamu miliki yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjang langkahmu sebagai seorang pengusaha muda.

2. Perbanyak soft skill

Kalau poin 1 di atas sudah kamu lakukan, maka tahapan selanjutnya yaitu kamu bisa mulai mengasah skill kamu melalui les-les private atau short course yang berhubungan dengan minat dan bakat kamu tadi. Pergunakan waktu sebaik mungkin dan terus perbaiki kekurangan kamu dengan terus berlatih. Semakin kamu asah kemampuan kamu tadi, maka kamu akan semakin terampil dan percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki.

3. Tidak ada yang instan, fokus terus saja

Usaha tidak akan mengkhianati hasil, betul sekali! Jadi sebaiknya kamu terus asah kemampuan kamu itu, jangan takut gagal dan gampang menyerah. Karena ketika kamu menyerah, kamu tidak akan tahu bahwa kemenangan ternyata sudah sangat di depan mata.

4. Bentuk komunitas

Kalau kamu ingin memperluas jaringanmu agar kamu lebih dikenal dan mengenal banyak orang, tidak ada salahnya mulai sekarang kamu bentuk komunitas. Kamu bisa membentuk komunitas yang sesuai minatmu, misalnya perkumpulan pemilik mobil tertentu, alumni sekolah, atau orang-orang yang sehobi denganmu. Kamu juga bisa membentuk komunitas di tempat kamu bekerja sekarang.

Dengan membentuk komunitas, kamu bisa belajar menjadi seorang leader dari komunitas yang masih kecil tersebut. Mulai tuangkan ide-ide dan coba keluarkan visi misi kamu yang bisa membantu dan sejalan dengan prospek bisnis yang akan dan sedang kamu geluti saat ini dan ke depannya, Kuncinya, speak up!

Nah, sekarang sedikit kisah inspirasi nih bagi kalian. Kamu pasti sudah kenal atau pernah mendengar tentang seseorang yang bernama Bob Sadino, bukan? Yup, Bob Sadino merupakan salah satu pengusaha sukses asal Indonesia. Meski tidak memiliki pendidikan yang tinggi, toh om Bob mampu membuktikan bahwa kurangnya mengenyam ilmu di bangku sekolah bukan merupakan suatu penghalang bagi dirinya untuk sukses. Totalitas om Bob memang sangat patut untuk dicontoh.

Dimulai dari berdagang telur keliling, perlahan demi perlahan beliau mampu membuat jaringan usaha yang saat ini dikenal dengan nama Kemchick. Kunci keberhasilan om Bob dimotori oleh kemauan, kerja keras, pantang menyerah dan komitmen yang tinggi. Beliau juga selalu bisa menciptakan kesempatan dan berani mengambil segala macam peluang meski risiko gagalnya pun lebih besar dari peluang berhasilnya. Om Bob selalu berpetuah, hidup ini tidak usah takut gagal, karena jika kita tidak pernah mencoba maka kita tidak akan pernah tau sampai dimana usaha kita telah berjalan. Om Bob itu sering sekali gagal, saking seringnya dia pun sampai lupa berapa kali dia gagal. Namun pada akhirnya kita semua tau, bahwa kerja keras tidak pernah menghianati hasil.

Kisah sukses singkat om Bob di atas tentu saja bisa dialami oleh semua orang, karena yang simpel itu hanyalah dengan langsung memulainya tanpa takut gagal.

Tebar manfaat dengan mendukung pengusaha Indonesia

Untuk membawa manfaat bagi orang banyak, tidak harus dilakukan dengan cara menjadi seorang pengusaha saja. Karena, tak dapat dipungkiri bahwa membangun usaha dari nol butuh usaha ekstra keras dan tidak semua orang mampu melakukannya.

Untungnya, ada cara lain untuk kamu menebar manfaat dan kebaikan bagi sekitarmu, yaitu dengan cara mendukung pengusaha-pengusaha di Indonesia dalam mengembangkan bisnis mereka.

Bagaimana caranya? Salah satunya, kamu bisa mulai bergabung dengan MEKAR, sebuah perusahaan peer to peer lending (P2P lending) yang digagas oleh Putera Sampoerna. Di MEKAR kamu bisa mendukung pelaku usaha kecil di Indonesia dengan membiayai bisnis mereka. Jadi, di sini kamu berperan sebagai investor, dan yang kamu lakukan untuk mendukung pengusaha kecil yaitu memberikan mereka pinjaman modal usaha.

Mengapa mendukung pengusaha Indonesia dengan memberikan pinjaman usaha melalui MEKAR?

  • Pokok investasi kamu mendapatkan proteksi 100% dari lembaga-lembaga keuangan mikro yang bermitra dengan MEKAR, jadi kamu tak perlu khawatir kehilangan dana investasi yang kamu salurkan pada peminjammu.
  • MEKAR peduli akan pemberdayaan perempuan Indonesia. Platform investasi yang satu ini memiliki komitmen tinggi untuk mendukung pertumbuhan usaha kecil yang dijalankan oleh perempuan di berbagai daerah di Indonesia. Semua pinjaman di MEKAR adalah pinjaman produktif.
  • Dengan memberikan pinjaman usaha melalui MEKAR, kamu membawa kontribusi sosial dan dampak positif melalui penciptaan lapangan pekerjaan dan kemandirian finansial bagi pelaku UMKM Indonesia.
  • Suku bunga yang proporsional, kalau kamu menempatkan dana kamu di deposito bank, berapa besar kamu akan dapat bunga per bulannya? Mungkin hanya 0.05%, atau 6% setahun. Di MEKAR, setahun kamu bisa dapat keuntungan investasi hingga 11-12%, 2x lebih tinggi kan dari yang perbankan tawarkan. Uang kamu jadi lebih produktif dan kamu juga ikutan makin kaya!

Beberapa investor (atau disebut “funder”) yang telah terlebih dahulu melakukan investasi di MEKAR, menganggap bahwa MEKAR telah mampu menjawab apa yang mereka butuhkan dan cari dari investasi mereka selama ini.

Lalu bagaimana testimoni para funder yang telah menggunakan MEKAR sejauh ini? Salah satu yang telah turut berperan ialah funder MEKAR yang bernama Bapak Agung Noegroho. Menurut beliau, MEKAR telah memberikan kesempatan bagi dirinya untuk lebih berkontribusi terhadap sektor UMKM secara langsung melalui platform P2P lending. Lanjutnya, MEKAR juga memberikan kesempatan kepada para lender (pemberi pinjaman) untuk mengunjungi UMKM mempelajari proses bisnis mereka. Wow, sungguh berkesan, bukan?

Sejauh ini MEKAR telah mendanai lebih dari 50.000 peminjam sejak tahun 2017, 100% pinjaman dibayarkan tepat waktu dan return tinggi hingga 12.5% per tahun. MEKAR bersama para fundernya akan terus berkembang dari tahun ke tahun mendukung pengusaha-pengusaha di seluruh pelosok nusantara, dan kamu bisa jadi bagian dari misi besar ini dan ikut menebar kebaikan serta manfaat bagi begitu banyak orang di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *