INVESTASI YANG MENGHASILKAN DAMPAK SOSIAL ITU MULIA

Saya yakin sebagian besar manusia memiliki dorongan hati nurani untuk berbuat hal yang mulia. Salah satu caranya adalah dengan membantu orang di sekitar kita agar mereka bisa memperbaiki taraf hidup mereka.

Tentu alangkah menyenangkannya jika kamu ikut membantu sesama sekaligus bisa menikmati juga keuntungan lainnya. Betul, disini kamu jadi memberikan multiplier effect yang kuat dari sisi ekonomi, Jadi tujuan yang simpel menjadi besar karena kamu juga ikut mendapatkan manfaatnya.

Lalu apakah ada investasi yang memungkinkan seperti itu? Tentu saja ada, melalui instrumen investasi P2P Lending kamu sudah mampu mewujudkan kedua hal tersebut (menerima imbal hasil dan menciptakan dampak sosial yang positif dengan investasimu). Kamu bisa mulai menyisihkan sebagian dana yang kamu miliki untuk diinvestasikan dan secara langsung kamu juga akan menerima manfaat dari investasi yang kamu lakukan, baik itu manfaat finansial maupun manfaat sosial.

Sulit gak sih untuk memulai? Sama sekali tidak sulit, karena platform-platform P2P Lending di-design dengan kecanggihan teknologi masa kini untuk memudahkan kita memberikan pinjaman uang kepada individu atau entitas usaha dan menerima imbal hasilnya secara online, melalui aplikasi smartphone atau aplikasi pintar lainnya. Proses yang mudah merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh layanan P2P Lending. Ini tentunya sangat menarik minat investor seperti kamu.

Ada banyak platform P2P lending yang telah hadir di Indonesia, namun kali ini kita akan membahas satu platform yang memiliki misi dan layanan yang sesuai dengan apa yang kita cari, yaitu investasi yang berdampak sosial. Nah, platform P2P lending yang menawarkan investasi semacam itu salah satunya adalah MEKAR. MEKAR adalah platform P2P lending yang menghubungkan para investor seperti kamu dengan peminjam yang kesemuanya adalah pelaku UMKM. Misi MEKAR adalah memastikan para pelaku usaha yang pinjamannya didanai melalui platform MEKAR tersebut mampu mengembangkan usahanya dan menciptakan lapangan kerja. MEKAR juga memiliki misi menyediakan pilihan investasi yang aman dan mampu menghasilkan keuntungan bagi penyandang dana serta bermanfaat sosial.

Kamu tahu kan bahwa pelaku usaha di Indonesia seringkali kesulitan dalam mengakses sumber-sumber pendanaan. Di lain pihak, banyak masyarakat kelas menengah yang ingin berinvestasi secara mudah, cepat dan aman serta menguntungkan. Nah, MEKAR menghubungkan keduanya melalui teknologi.

Model Bisnis Yang Unik

Dari sekian banyak penyelenggara P2P Lending yang sudah terdaftar di OJK, MEKAR termasuk satu dari sedikit sekali platform yang menyalurkan pendanaan kepada peminjam yang rata-rata pengusaha perempuan. Di blog MEKAR, kamu bisa membaca mengapa mereka menaruh perhatian besar bagi peminjam perempuan.

Bagi investor, peminjam perempuan juga lebih disukai karena risiko kredit macet pada peminjam perempuan lebih rendah dibandingkan peminjam laki-laki. Ada beberapa alasan mengapa peminjam perempuan jarang menimbulkan masalah bagi para Lembaga Keuangan Mikro (LKM), di antaranya karena biasanya perempuan itu memiliki strategi perluasan usaha yang lebih konservatif, tidak seperti laki-laki yang biasanya cukup agresif dan tidak memiliki skala prioritas. Hal ini tentu akan berdampak pada profil risiko usahanya. Hingga saat ini, dari sekitar 50.000 pinjaman yang telah terdanai di MEKAR, sekitar 95%-nya merupakan pinjaman untuk peminjam perempuan dari berbagai sektor usaha produktif di seluruh Indonesia. Rata-rata bergerak di sektor makanan & minuman, retail trading dan pertanian.

Namun ke depannya MEKAR tidak hanya fokus pada pemerataan basis ekonomi perempuan sebagai calon debiturnya. Hal ini tentu akan makin membuka peluang untuk meningkatkan perkembangan UMKM di Indonesia yang potensinya memang masih sangat tinggi dan belum benar-benar digali dan dimanfaatkan.

Modal Pokok Terjamin

Risiko adalah hal yang sangat diperhatikan oleh siapa saja yang berinvestasi, karena sebagai investor tentu tidak ingin investasi mereka merugi. Namun tidak ada investasi yang tanpa risiko. Yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar risiko yang bisa kamu ambil jika kamu berinvestasi.

Di MEKAR, kamu tidak perlu risau soal risiko, karena kamu sebagai investor diberikan pemahaman mengenai tingkat klasifikasi risiko yang sudah berdasar sektor dan mitra yang telah diverifikasi sebelumnya oleh tim MEKAR. Selain itu, modal investasi kamu terlindungi 100% karena lembaga-lembaga keuangan yang menjadi mitra MEKAR bersedia menjamin pengembalian pokok pinjaman kepada kamu sebagai investor. Jika ada risiko, hanya pada imbal hasil kamu aja yang mungkin gak kamu terima tapi modal investasi kamu tetap aman. Lagipula, kemungkinan terjadinya pinjaman bermasalah di MEKAR hanya sekitar 0,3% (berdasarkan nilai NPL tahun lalu), artinya kemungkinan terjadi keterlambatan atau kegagalan bayar hanya ada pada 3 dari 1000 pinjaman, tapi tenang saja, tahun lalu 100% investor di MEKAR menerima kembali modal investasi dan imbal hasil mereka kok.

Apa Yang Menjadi Fokus MEKAR?

  1. Fokus pada pinjaman produktif

Produktif artinya tidak konsumtif. Semua pinjaman di MEKAR digunakan untuk keperluan yang sifatnya produktif, yaitu untuk mengembangkan usaha. Bayangkan jika uang yang kamu investasikan digunakan untuk membiayai sebuah usaha yang pastinya akan menghasilkan uang lagi. Ini berarti peminjam yang menggunakan dana pinjaman dari kamu memiliki peluang yang besar untuk mengembalikan uangmu bersama imbal hasilnya, kan? Sekarang bayangkan kalau uang yang kamu investasikan digunakan oleh peminjam untuk keperluan yang sifatnya konsumtif seperti jalan-jalan, beli HP atau gadget lainnya. Kalau peminjam tak memiliki uang untuk mengembalikan pinjamannya, dana investasi kamu bisa hilang begitu saja. Selain itu, tak ada dampak sosial yang kamu hasilkan dari investasi kamu pada pinjaman yang sifatnya konsumtif.

  1. Memberikan Dampak Sosial Yang Positif

Sudah saatnya anak muda milenial bukan lagi dikenal suka hura-hura gak jelas, daripada kamu buang-buang uang, alangkah kerennya kalo kamu dikenal oleh teman-teman kamu sebagai orang yang mampu mensejahterakan orang banyak melalui investasi yang kamu jalankan. Di MEKAR ini adalah salah satu tujuan utama.

  1. Imbal Hasil 2x Dari Deposito di Perbankan

MEKAR memahami bahwa inflasi merupakan momok menakutkan dari suatu investasi, maka dari itu assessment yang MEKAR lakukan adalah win-win solution bagi si peminjam dan yang meminjam karena kedua belah pihak merupakan mitra penting MEKAR bukan hanya sekarang namun berlanjut hingga masa depan.

  1. Proteksi 100% untuk Dana Pokok

Dalam berinvestasi kita tidak dapat menghindar dari yang namanya kerugian, namun alih-alih kamu gagal mendapatkan imbal hasil dari yang kamu incar, setidaknya modal pokok kamu tidak akan hilang. Di MEKAR, modal investasimu mendapatkan perlindungan dari lembaga keuangan mitra MEKAR, jadi kamu tidak perlu khawatir kehilangan uang kamu ya.

Hingga bulan Desember 2018 lalu, MEKAR telah berhasil menyalurkan sekitar 50.000 pinjaman dan mampu masuk ke peminjam yang dikategorikan unbanked (tidak terjangkau layanan bank), menjangkau 80% kota di luar Jabodetabek dan hampir 95% peminjam berupa perempuan.

Di sisi lain, MEKAR telah fokus menyalurkan pinjaman pada sektor-sektor yang sangat potensial seperti sektor pertanian, makanan & minuman, jasa keuangan, proses industri dan trading yang memiliki nilai risiko kredit macet dibawah 1% dan tetap berkomitmen menjaga tingkat bunga pinjaman di angka yang terjangkau bagi si Peminjam. Hal ini tentu sejalan dengan misi MEKAR dalam memastikan hasil investasi dari penyandang dana bisa menghasilkan keuntungan serta manfaat sosial.

Kemudian, menelisik data dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), target pertumbuhan peer-to-peer (P2P) lending pada tahun depan diprediksi bakal naik dua kali lipat menjadi hampir Rp40 triliun. Berdasarkan data OJK, hingga Oktober 2018, penyaluran P2P lending telah mencapai Rp16 triliun. Capaian ini naik 525% dari capaian sepanjang 2017 yakni Rp2,56 triliun. Hal ini semakin mempertegas potensi bisnis P2P Lending yang akan semakin masif bagi ekonomi Indonesia dan bagi kamu yang belum mulai berpartisipasi tidak ada salahnya untuk mulai melirik jenis investasi yang satu ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *